Prodi Sejarah Peradaban Islam

Capaian Pembelajaran untuk Profil Lulusan

NO. CAPAIAN PEMBELAJARAN Peneliti Sejarah Pegiat Sejarah Tenaga Pendidikan SPI
1 Bertakwa kepada Allah SWT. dan mampu menunjukkan sikap religius; V V V
2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika V V V
3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; V V V
4 Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa V V V
5 Menghargai keanekaragaman budaya pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain V V V
6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan V V V
7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara V V V
8 Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik V V V
9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan V V V
10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. V V V
11 Visioner dan berwawasan luas V V V
12 Komunikatif yang dilandasi oleh sikap arif dan menghargai orang lain V V V
13 Kreatif dan inovatif secara bertanggung jawab V V V
14 Jujur dan apresiatif terhadap prestasi dan karya/kerja orang lain V V V
15 Kritis terhadap persoalan yang timbul di masyarakat. V V V
16 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi… V V V
17 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur V V V
18 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi… V V V
19 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir… V V V
20 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya… V V V
21 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; V V V
22 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan V V V
23 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya… V V V
24 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. V V V
25 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja. V V V
26 Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris… V V V
27 Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar V V V
28 Mampu menghafal surat-surat pilihan. V V V
29 Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar V V V
30 Mampu menerapkan langkah-langkah metode penelitian sejarah dengan sistematis V V V
31 Mampu menelusuri sumber-sumber primer mengenai sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal V V
32 Menguasai peta dan konten situs-situs sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. V V V
33 Mampu memanfaatkan arsip sebagai sumber sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. V
34 Mampu memanfaatkan naskah sebagai sumber sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. V V
35 Mampu memanfaatkan sumber-sumber sejarah, baik sumber lisan, tulisan, maupun dalam bentuk digital untuk penulisan sejarah peradaban Islam. V V V
36 Mampu membuat video pendek tentang sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. V
37 Mampu mengaplikasikan dasar-dasar teori dan metode sejarah untuk menyusun konstruksi sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal V V
38 Mampu merespon secara kontekstual permasalahan dalam bidang sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal V V
39 Mampu mentransfer ilmu sejarah peradaban Islam dan sejarah peminatan di sekolah/madrasah V
40 Mampu menginformasikan sejarah peradaban islam dan kearifan lokal dengan baik kepada khalayak V V
41 Mampu menulis laporan karya ilmiah dibidang sejarah peradaban Islam dengan laik V V
42 Mampu menjelaskan sejarah perkembangan peradaban Islam baik secara tematik, periodik, kronologis, maupun kawasan V V V
43 Mampu menumbuhkan rasa keointaan orang dengan sejarah peradaban islam dan kearifan lokal V V
44 Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila,kewarganegaraan, wawasan kearifan lokal, kebangsaan (nasionalisme), dan globalisasi V V V
45 Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman yang sebagai pendukung terhadap kajian sejarah serta menjadi pribadi yang berakhlakul karimah V V V
46 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berbahasa tulis dan lisan yang baik guna berliterasi dalam dunia akademik dan non- akademik V V
47 Menguasai teori-teori dasar ilmu sejarah peradaban Islam yang mendukung keilmuan kesejarahan dan peradaban Islam V V V
48 Memahami ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang lain sebagai ilmu bantu sejarah peradaban Islam V V
49 Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis ilmu sosial sebagai landasan dan kerangka acuan dalam kajian sejarah peradaban Islam V V
50 Menguasai teori penelitian bidang sejarah peradaban islam dalam rangka tindakan reflektif untuk rekonstruksi sejarah V
51 Memahami Ilmu sejarah sebagai ilmu humaniora V V
52 Mampu menganalisis perkembangan sejarah Peradaban Islam Indonesia dan di berbagai kawasan dunia. V V
53 Mampu menguasai wawasan kesejarahan dan kebudayaan banten V V V
54 Memahami perkembangan historiografi umum dan historiografi Islam V
55 Mampu menganalisis fakta-fakta sejarah dalam bentuk karya-karya tulis sejarah peradaban Islam dan sejarah lokal
56 Mampu mengaitkan perkembangan sejarah peradaban Islam Indonesia dengan sejarah peradaban Islam di berbagai kawasan kebudayaan Islam
57 Menguasai pengetahuan sejarah peradaban dan kebudayaan Banten dari masa pra-Islam di Banten sampai dengan modern…
58 Menguasai metode pembelajaran bidang sejarah peradaban Islam dalam pelaksanaan pembelajaran…
59 Menguasai pengetahuan sejarah peradaban bangsa-bangsa yang mempengaruhi kehidupan umat manusia di seluruh dunia