| 1 |
Bertakwa kepada Allah SWT. dan mampu menunjukkan sikap religius; |
V |
V |
V |
| 2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
V |
V |
V |
| 3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; |
V |
V |
V |
| 4 |
Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa |
V |
V |
V |
| 5 |
Menghargai keanekaragaman budaya pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
V |
V |
V |
| 6 |
Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
V |
V |
V |
| 7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
V |
V |
V |
| 8 |
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
V |
V |
V |
| 9 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan |
V |
V |
V |
| 10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |
V |
V |
V |
| 11 |
Visioner dan berwawasan luas |
V |
V |
V |
| 12 |
Komunikatif yang dilandasi oleh sikap arif dan menghargai orang lain |
V |
V |
V |
| 13 |
Kreatif dan inovatif secara bertanggung jawab |
V |
V |
V |
| 14 |
Jujur dan apresiatif terhadap prestasi dan karya/kerja orang lain |
V |
V |
V |
| 15 |
Kritis terhadap persoalan yang timbul di masyarakat. |
V |
V |
V |
| 16 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi… |
V |
V |
V |
| 17 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
V |
V |
V |
| 18 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi… |
V |
V |
V |
| 19 |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir… |
V |
V |
V |
| 20 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya… |
V |
V |
V |
| 21 |
Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
V |
V |
V |
| 22 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan |
V |
V |
V |
| 23 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya… |
V |
V |
V |
| 24 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
V |
V |
V |
| 25 |
Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja. |
V |
V |
V |
| 26 |
Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris… |
V |
V |
V |
| 27 |
Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar |
V |
V |
V |
| 28 |
Mampu menghafal surat-surat pilihan. |
V |
V |
V |
| 29 |
Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar |
V |
V |
V |
| 30 |
Mampu menerapkan langkah-langkah metode penelitian sejarah dengan sistematis |
V |
V |
V |
| 31 |
Mampu menelusuri sumber-sumber primer mengenai sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal |
V |
V |
|
| 32 |
Menguasai peta dan konten situs-situs sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. |
V |
V |
V |
| 33 |
Mampu memanfaatkan arsip sebagai sumber sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. |
|
V |
|
| 34 |
Mampu memanfaatkan naskah sebagai sumber sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. |
V |
V |
|
| 35 |
Mampu memanfaatkan sumber-sumber sejarah, baik sumber lisan, tulisan, maupun dalam bentuk digital untuk penulisan sejarah peradaban Islam. |
V |
V |
V |
| 36 |
Mampu membuat video pendek tentang sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal. |
|
|
V |
| 37 |
Mampu mengaplikasikan dasar-dasar teori dan metode sejarah untuk menyusun konstruksi sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal |
V |
|
V |
| 38 |
Mampu merespon secara kontekstual permasalahan dalam bidang sejarah peradaban Islam dan kearifan lokal |
V |
V |
|
| 39 |
Mampu mentransfer ilmu sejarah peradaban Islam dan sejarah peminatan di sekolah/madrasah |
|
|
V |
| 40 |
Mampu menginformasikan sejarah peradaban islam dan kearifan lokal dengan baik kepada khalayak |
|
V |
V |
| 41 |
Mampu menulis laporan karya ilmiah dibidang sejarah peradaban Islam dengan laik |
V |
|
V |
| 42 |
Mampu menjelaskan sejarah perkembangan peradaban Islam baik secara tematik, periodik, kronologis, maupun kawasan |
V |
V |
V |
| 43 |
Mampu menumbuhkan rasa keointaan orang dengan sejarah peradaban islam dan kearifan lokal |
|
V |
V |
| 44 |
Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila,kewarganegaraan, wawasan kearifan lokal, kebangsaan (nasionalisme), dan globalisasi |
V |
V |
V |
| 45 |
Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman yang sebagai pendukung terhadap kajian sejarah serta menjadi pribadi yang berakhlakul karimah |
V |
V |
V |
| 46 |
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berbahasa tulis dan lisan yang baik guna berliterasi dalam dunia akademik dan non- akademik |
V |
|
V |
| 47 |
Menguasai teori-teori dasar ilmu sejarah peradaban Islam yang mendukung keilmuan kesejarahan dan peradaban Islam |
V |
V |
V |
| 48 |
Memahami ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang lain sebagai ilmu bantu sejarah peradaban Islam |
V |
|
V |
| 49 |
Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis ilmu sosial sebagai landasan dan kerangka acuan dalam kajian sejarah peradaban Islam |
V |
|
V |
| 50 |
Menguasai teori penelitian bidang sejarah peradaban islam dalam rangka tindakan reflektif untuk rekonstruksi sejarah |
V |
|
|
| 51 |
Memahami Ilmu sejarah sebagai ilmu humaniora |
V |
|
V |
| 52 |
Mampu menganalisis perkembangan sejarah Peradaban Islam Indonesia dan di berbagai kawasan dunia. |
V |
|
V |
| 53 |
Mampu menguasai wawasan kesejarahan dan kebudayaan banten |
V |
V |
V |
| 54 |
Memahami perkembangan historiografi umum dan historiografi Islam |
V |
|
|
| 55 |
Mampu menganalisis fakta-fakta sejarah dalam bentuk karya-karya tulis sejarah peradaban Islam dan sejarah lokal |
√ |
|
|
| 56 |
Mampu mengaitkan perkembangan sejarah peradaban Islam Indonesia dengan sejarah peradaban Islam di berbagai kawasan kebudayaan Islam |
√ |
√ |
|
| 57 |
Menguasai pengetahuan sejarah peradaban dan kebudayaan Banten dari masa pra-Islam di Banten sampai dengan modern… |
|
√ |
|
| 58 |
Menguasai metode pembelajaran bidang sejarah peradaban Islam dalam pelaksanaan pembelajaran… |
|
|
√ |
| 59 |
Menguasai pengetahuan sejarah peradaban bangsa-bangsa yang mempengaruhi kehidupan umat manusia di seluruh dunia |
√ |
|
√ |